Jurusan Geografi Mengucapkan Selamat Kepada Mahasiswa Nasrul Baharsyah, Budiyono, Andre Kiswanto dibimbing oleh Andi Irwan Benardi, S.Pd, M.Pd Lolos PIMNAS 2017 ke Makassar

Program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan yang sangat strategis. Hal  ini  didasarkan pada  kemampuan membaca ruang dan wilayah dari siswa tunanetra yang masih rendah. Berdasarkan diskusi terfokus yang dilakukan bersama kepala sekolah dan guru kelas tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota  Semarang, didapatkan informasi bahwa keterampilan membaca  ruang  siswa  masih rendah. Salah satu contoh ilustrasi adalah, ketika  seorang  siswa bernama  Alham  Putra  Renara (Kelas IX) mengalami kendala  ketika mencari  ruang  ujian sekolah, sehingga  harus meminta diantarkan menuju ruang  kelas. Padahal  kemandirian  dan orientasi  dan mobilitas merupakan keterampilan yang rutin diajarkan di kelas tunanetra.

Berdasarkan forum  grub  diskusi  bersama  kepala  sekolah dan guru kelas tunanetra diketahui bahwa SLBN Kota Semarang masih mempunyai permasalahan dalam  pengadaan media  pembelajaran membaca  ruang. Selama  ini  media pembelajaran membaca ruang wilayah yang tersedia masih terbatas pada peta-peta taktual   skala  umum  terbitan     Badan   Informasi  Geospasial       (BIG)    yang menggambarkan  satuan  wilayah yang  luas seperti Negara  hingga  provinsi. Sehingga media  peta  tersebut  menjadi  kurang  fungsional  karena  anak-anak justru

belum dapat mengenal wilayah mereka dari lingkungan yang kecil. Selain itu untuk program  khusus orientasi  dan mobilitas (OM), selama  ini  masih diajarkan secara lisan tanpa  ada  alat  bantu peraga yang  memudahkan pemahaman siswa. Dengan kondisi tersebut, guru mengalami kesulitan untuk menggambarkan tata ruang kelas serta gedung SLBN Kota Semarang kepada siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut,  dipandang perlu untuk melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca ruang melalui media  yang lebih  fungsional  dan memudahkan pemahaman siswa  di  SLBN  Kota  Semarang. Untuk itu,  pengabdian    masyarakat  ini  mengusulkan    sebuah   upaya   peningkatan kemampuan membaca  ruang  melalui  DELTA-NET. Model  Peta  Tunanetra (DELTA-NET) merupakan sebuah inovasi peta timbul (tiga dimensi) berbasis huruf Braille yang  dibuat  dengan bahan-bahan dan topik yang  disesuaikan kebutuhan siswa tunanetra. Program peningkatan kemampuan membaca ruang melalui model peta  tunanetra  (DELTA-NET)  sangat  sesuai  untuk SLBN Kota  Semarang. Pembuatan DELTA-NET dilakukan dengan mengikutsertakan guru  melalui pelatihan. Kemudian bersama-sama  dengan guru  kelas tunanetra produk DELTA- NET  diajarkan sebagai  media  belajar  bagi  siswa. Dengan adanya  program  ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah dalam memahami kondisi ruang dari berbagai aspek pengetahuan dan  guru dapat  inovatif mengembangkan dan menggunakan media dan metode pembelajaran yang baru.

Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti resmi mengumumkan kelompok PKM yang diundang ke PIMNAS XXX pada 23-28 Agustus 2017 mendatang. Pada ajang ilmiah bergengsi yang akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia-Makassar itu. Dengan ini Jurusan Geografi UNNES mengucapkan selamat dihaturkan untuk Nasrul dkk, yang lolos berjuang di PIMNAS 30. Semoga merebut medali emas. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *