Praktek Kuliah Lapangan Fenomena Geosfer Mahasiswa Baru Jurusan Geografi UNNES di Kota Semarang dan Sekitarnya Tahun 2017


Pada saat sekarang ini yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja adalah individu yang memeiliki kualitas maupun kuantitas yang tinggi baik dari segi pengalaman kerja maupun kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi. Oleh karena itu, banyaknya pengalaman kerja akan membuat individu tersebut akan semakin berkembang baik dari segi kemampuan maupun berpikirnya.

Mahasiswa sebagai calon penerus generasi bangsa sangat dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada. kegiatan semacam Praktek Kuliah Lapangan akan sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Melalui kegiatan Praktek Kuliah Lapangan ini nantinya diharapkan tiap mahasiswa mampu mengaplikasikan semua teori yang telah didapat di bangku perkuliahan untuk diterapkan secara langsung di lapangan. Dengan kegiatan ini mahasiswa dituntut dapat mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada.

Kegiatan Praktek Kuliah Lapangan ini mengambil tema” Kajian Fenomena Geosfer di Kota Semarang dan Sekitarnya”. Kegiatan Praktek Kuliah Lapangan ini akan mengkaji Daerah Objek Kajian dilihat dari Geologi, Geomorfologi dan Kartografi serta faktor fisik yang juga ikut mempengaruhinya . Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 November 2017.

Kondisi sosial ekonomi masyarakat dapat dilihat dari banyak factor seperti jenis mata pencaharian, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, umur, agama, jumlah penduduk, faktor alam, dan faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lain dan kesemuanya saling mempengaruhi dan tidak dapat terpisahkan. Kondisi sosial ekonomi dipengaruhi oleh kondisi lingkungan fisik yang ada di wilayah tersebut.

Kota Semarang merupakan ibukota dari wilayah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak potensi baik dari segi kondisi alamnya maupun kondisi sosial masyarakatnya yang beragam. Kota Semarang dengan seluruh sumberdaya yang ada pastinya sudah memiliki program yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakatnya. Upaya ini bisa dilihat dari segi pengembangan wisata, pertanian, perdagangan, maupun usaha lainnya.

Seperti sudah diketahui oleh khalayak umum bahwa Kota Semarang memiliki  potensi alam yang sangat menguntungkan karena memiliki kondisi morfologi yang beragam mulai dari daerah Pegunungan sampai dengan daerah Pantai. Perbedaan kondisi morfologi ini tentunya juga berimbas pada variasi jenis mata pencaharian penduduk yang berbeda di tiap wilayah administratifnya.

Daerah Kajian yang akan dikaji adalah daerah Dataran Banjir Kali Garang, Waduk Jatibarang/ Goa Kreo, Pantai Marina dan Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Daerah Rawa Pening merupakan kawasan perbukitan dan sebagian besar  masyarakatnya bermata pencaharian sebagai Petani baik usaha pertanian maupun usaha perkebunan dan wilayah ini juga merupakan daerah sentra kerajinan enceng gondok.

Aktivitas perekonomian masyarakat sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan fisik di wilayah tersebut. Kemampuan manusia dalam hal adaptasi lingkungan sangat mempengaruhi pola aktivitas perekonomian di wilayah tersebut, misalnya saja aktivitas ekonomi di daerah dataran tinggi berbeda dengan di dataran rendah sehingga tingkat kemampuan adaptasi lingkungan ikut berperan dalam pola aktivitas yang dilakukan masyarakat.

Begitu halnya dengan kehidupan masyarakat di sekitar wilayah pantai Pantai Marina, Kota Semarang. kenyataanya sebagian masyarakat nelayan di wilayah tersebut secara ekonomi masih dalam taraf ekonomi menengah ke bawah. Pengembangan wilayah pantai Marina menjadi daerah tujuan wisata dirasa masih belum optimal pengelolaanya sehingga terkesan masih alami karena belum diikuti pengembangan sarana prasarana yang memadai. Potensi wilayah pantai Marina sebagai daerah wisata sebenarnya sangat besar sekali, Akan tetapi perhatian pemerintah yang masih kurang menyebabkan potensi tersebut kurang maksimal. Kegiatan Praktek lapangan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa semester satu karena membawa manfaat yang sangat luat biasa dalam mengkaji fenomena geosfer yang ada di sekitar mereka.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar