Workshop Nasional Pengembangan Laboratorium Bidang Geografi Dan Pendidikan Geografi Se Indonesia

Workshop penyusunan standar laboratorium bidang ilmu geografi di Pendidikan Tinggi diikuti oleh 23 Universitas se-Indonesia dengan jumlah peserta kurang lebih 68 peserta. Kegiatan ini dibuka oleh ketua umum IGI (Ikatan Geograf Indonesia). Prof. Dr. Hartono, DEA., DESS. Menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah rintisan terhadap bagaimana standarisasi laboratorium geografi yang baik. Dari kegiatan ini diharapkan menghasilkan sebuah penyusunan standar laboratorium yang dapat diterapkan pada universitas di Indonesia yang memiliki prodi keilmuan geografi.

Kegiatan workshop penyusunan standar laboratorium bidang ilmu geografi di Pendidikan Tinggi berlangsung selama dua hari. Selama dua hari itu, para peserta dari 23 universitas, saling berdiskusi untuk menetapkan standarisasi laboratorium geografi se-Indonesia. Yang mana pada hari pertama terdapat lima sesi dengan materi dan pemantik yang berbeda.

Pada sesi pertama membahas tentang kebutuhan laboratorium bidang ilmu geografi dengan pemantik diskusi Drs. Projo Danoedoro, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Dr. Hartono, DEA., DESS. Sesi ini diharapkan mampu melakukan benchmarking kondisi eksisting laboraturum yang ada di masing-masing perguruan tinggi bidang pendidikan di Indonesia (dengan dibantu hasil pengisian google form yang telah disebarluaskan). Selain itu, juga melakukan benchmarking terhadap target capaian pembelajaran yang dimiliki oleh setiap lemmbaga pendidikan tinggi.

Sesi yang kedua ini membahas mengenai standar kualitas laboratorium riset dan penjaminan mutu laboratorium, dengan pemantik diskusi Dekan FGE UGM dan Dr. M. Widyastuti yang dimoderatori oleh Drs. Projo Danoedoro, M.Sc., Ph.D. . Dalam sesi ini pemantik menyampaikan beberapa poin materi yaitu kegiatan yang harus ada dalam laboratorium, standar minimal alat dan moodul yang diperlukan untuk menunjang kegiatan labolatorium, personalia laboratorium yang diharapkan ada, persyaratan manajemen, skema penjaminan mutu dan sampai dengan penerapan ISO 17025 dan ISO 9001.

Sesi yang ketiga membahas mengenai standar kualitas laboratorium pelayanan (pengabdian) dan laboratorium lapangan, dengan pemantik diskusi Ketua Departemen Geografi UI dan Prof. Dr. Junun Sartohadi, M.Sc.  yang dimoderatori oleh Dr. Tjaturahono. Dalam sesi ini membahas mengenai beberapa poin yang menyangkut standar kualitas laboratorium pelayanan dan laboratorium lapangan diantaranya yaitu persyaratan manajemen apasaja yang harus ada seperti rancangan dokumen, organisasi, system manajemen, pelayanan.

Dalam serangaian kegiatan workshop penyusunan standar laboratorium bidang ilmu geografi di Pendidikan Tinggi ini memiliki tujuan inti untuk melakukan standarissasi laboratorium yang berkaitan dengan ilmu geografi di seluruh Indonesia.

Beberapa materi yang akan dibahas dalam workshop penyusunan standar laboratorium bidang ilmu geografi di Pendidikan Tinggi yaitu terkait dengan kualitas laboratorium. Pertanyaan utamanya adalah apakah dalam pengembangan kualitas laboratorium bidang imu geografi ini harus memperhatikan sepenuhnya keberadaan standar internasional yang tertuang dalam ISO 17025 tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi. selain itu, secara mendalam workshop ini akan membahas materi sebagai berikut:

  1. Pengkategorian Jenis Laboratorium (Lab. Pendidikan atau Pengujian, Lab. Alam, dll)
  2. Bidang Laboratorium (Bidang Geofisik, Geomanusia, GeoTeknik, GeoWilayah, dll)
  3. Kegiatan Dasar Laboratorium Berdasarkan Jenis dan Bidang (untuk pendidikan, penelitian, pelayanan, serta menunjang sesuai standar SKKNI).
  4. Standar Minimal Laboratorium Geografi di Pendidikan Tinggi dan di Sekolah Alat dan Modul
  5. Personalia Laboratorium
  6. Persyaratan Manajemen (Rancangan Dokumen, Organisasi, Sistem Manajemen, Pelayanan, Pengaduan, dll)
  7. Sistem Penjaminan Mutu (penjaminan oleh internal dan eksternal lembaga akreditasi)
  8. Skema Pengembangan Laboratorium
  9. Skema Kerjasama dan Kolaborasi Pemanfaatan Laboratorium Anggota IGI

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan arahan terhadap jenis dan bidang laboratorium yang memiliki peluang untuk dikembangkan di dunia pendidikan tinggi bidang geografi di Indonesia. Serta mampu memberikan panduan bagi peningkatan standarisasi laboratorium baik untuk fungsi pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Download Materi Workshop Lab Geo

  1. Materi Bapak Dirjen
  2. Materi Bapak EKO UI
  3. Sarana Prasarana Lab Geo UGM
  4. Materi Bapak Projo UGM
  5. Materi Penjaminan Mutu Lab Geo
  6. Materi Standart Lab Pendidikan
  7. Materi Bapak Suratman
  8. Materi FORPIMGEO

 

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar