Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) 2022

Hima Geografi Unnes telah selesai melaksanakan serangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Geografi (PLG) 2022 dengan tema “Kolaborasi Geograf Muda dalam Meraih Prestasi”. Peserta atau mahasiswa baru Geografi Unnes juga memiliki julukan baru yaitu “Jon Eartha” yang berarti sahabat bumi. Dalam kegiatan ini terbagi menjadi 2 acara yaitu; PLG Indoor yang bertempat di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Unnes, pada tanggal 3 & 4 September 2022. Dan PLG Outdoor yang berlangsung secara luring di area wisata Gedong Songo, pada tanggal 10 & 11 September 2022.

            Kegiatan PLG Indoor dilaksanakan secara online pada hari pertama, yaitu tanggal 3 September 2022. Dengan 3 acara utama yaitu ;

  • Pengenalan Jurusan oleh Ketua Jurusan Geografi, Bapak Dr. Tjaturahono Budi Sanjoto, M.Si.
  • Webinar dengan tema “Pemekaran Provinsi Papua Dalam Perspektif Perencanaan Wilayah” oleh Pembicara Dosen Jurusan Geografi, Bapak Dr. Hariyanto, M.Si. 
  • Diskusi Interaktif dengan tema “Pro Kontra Pemekaran Provinsi Papua” yang mana tim pro dipimpin oleh pemantik Fatma Amaliya, dan tim kontra oleh pemantik Ika Nura Fina. Keduanya merupakan mahasiswa Jurusan Geografi Unnes.

            Pada tanggal 4 September 2022, hari kedua PLG Indoor dilaksanakan secara luring di lapangan Fakultas Ilmu Sosial Unnes. Kegiatan tersebut memiliki 3 acara utama yaitu ;

  • Pengenalan LK/BSO Geografi, yaitu Hima Geografi Unnes dan BPMG (Badan Pers Mahasiswa Geografi ) dengan menjelaskan mengenai struktur dan fungsinya, kemudian program kerja unggulan, arah kerja serta promosi.
  • Hiburan berupa adu yel-yel yang di pimpin oleh Tim Kreatif. Setiap kelompok PLG 2022 sudah menyiapkan yel-yelnya masing-masing, kemudian akan diadu antar kelompok.
  • Pengenalan alat geografi, oleh asisten praktikum. Dengan tujuan agar mahasiswa baru geografi dapat mengetahui nama alat, manfaat, serta cara kerja alat yang nantinya akan digunakan dalam praktikum geografi.

            Selanjutnya, pada hari pertama PLG Outdoor yaitu tanggal 10 September 2022, peserta dan panitia PLG 2022 berangkat menuju Gedong songo pada pukul 07.00 WIB. Kemudian peserta dan sebagian panitia sampai di Bantir pukul 09.35 WIB dan langsung melaksanakan Tracking. Kegiatan Tracking ini dimulai dari Bantir menuju Gedong Songo, dengan rute kurang lebih 5km melalui perbukitan, pemukiman penduduk, persawahan, dan hutan. Peserta kemudian menghadiri acara Ceking (Cerita Tracking) pukul 17.00 WIB dengan narasumber Dosen Geografi Unnes, yaitu Bapak Drs. Sriyono, M.Si dan Bapak Pradika Adi Wijayanto, S.Pd., M.Pd. Kegiatan PLG Outdoor hari pertama ini kemudian ditutup oleh acara Makrab (Malam Keakraban) yang diisi oleh penampilan setiap kelompok peserta PLG 2022, serta satu penampilan spesial dari panitia (Tim Kreatif).

            Kemudian pada hari kedua PLG Outdoor yaitu tanggal 11 September 2022, seluruh peserta dan panitia mengawali kegiatan dengan senam bersama pukul 06.00 WIB. Kemudian disusul dengan 2 acara utama yaitu;

  • Pengenalan Organisasi Eksternal Kegeografian oleh IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi) oleh Rizaldy Hilmy Sagito dan KSG Social Adventure Club oleh Firmansyah Daffa Maulana.
  • Sarasehan Bersama Alumni dengan kegiatan berupa sharing pengalaman, dan prospek kerja bidang Geografi oleh Sindhung Wardhana (Alumni Geografi Unnes).

            Seluruh kegiatan PLG Outdoor hari kedua selesai dilaksanakan pukul 11.30 WIB, Panitia dan Peserta PLG 2022 kemudian pulang menuju Fakultas Ilmu Sosial mulai pukul 13.00 WIB. Dengan demikian serangkaian acara PLG 2022 untuk menyambut mahasiswa baru jurusan geografi Unnes telah resmi selesai.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these