Workshop Pengembangan Laboratorium Melalui Riset Terapan, Pendidikan dan Riset Dasar

Workshop Pengembangan Laboratorium Melalui Riset Terapan, Pendidikan dan Riset Dasar

Oleh Prof Dr rer nat Junun Sartohadi M.Sc

Laboratorium merupakan sarana vital pengembangan ilmu dalam suatu institusi perguruan tinggi. Dalam rangka mendukung visi dan misi UNNES untuk menjadi research university di masa depan, Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial senantiasa terus berbenah diri dan berusaha untuk mengembangkan laboratorium geografi baik dari segi fasilitas lab maupun kualitas kegiatan risetnya.

Sarana dan prasarana laboratorium yang sudah cukup memadahi diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran mahasiswa yang menghasilkan insan terampil namun juga berfungsi sebagai pusat kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa yang bermuara pada produk-produk riset yang bermanfaat bagi masyarakat sekaligus untuk kepentingan dunia usaha.

Maka dari itu, Departemen Geografi pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2019 mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Laboratorium bersama seorang narasumber Prof. Dr. rer. nat. Junun Sartohadi, M.Sc yang merupakan guru besar Universitas Gadjah Mada.  Workshop pengembangan laboratorium ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Geografi, Kepala Laboratorium Geografi dan seluruh dosen di jurusan Geografi UNNES.

“Kegiatan workshop yang seperti ini diharapkan mampu menginspirasi dan membangkitkan iklim penelitian-penelitian yang saling terintegrasi dan berbasis pada laboratorium di jurusan kita” ungkap Dr. Juhadi, M.Si selaku kepala laboratorium geografi UNNES. Workshop ini menekankan pada betapa pentingnya memahami jenis dan level penelitian yang kita kembangkan, apakah termasuk dalam penelitian dasar, pendidikan atau terapan, karena akan mempengaruhi standar laboratorium yang dibutuhkan.

“Jangan sampai kita terlalu menghambur-hamburkan uang untuk membeli peralatan yang mahal, tapi tidak tau fungsi atau kebermanfaatannya untuk apa.” tegas Prof. Junun Sartohadi. Dalam kesempatan ini, beliau juga berbagi pengalaman dan strategi mengawali kegiatan riset kecil dengan sumber dana yang minimum hingga menghasilkan produk-produk riset yang akhirnya mendapatkan pendanaan besar dari pemerintah maupaun pelaku usaha.

Acara workshop kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang bagaimana cara merumuskan suatu tema riset besar yang dibangun dari sub-sub tema penelitian yang lebih detil. Geografi merupakan sebuah ilmu dengan objek kajian sangat besar yakni mencakup bumi beserta manusia yang hidup di dalamnya, maka dari itu dosen dosen geografi yang memiliki keahlian pada geografi fisik, geografi manusia dan geografi teknik harus berkolaborasi bersama-sama untuk menghasilkan produk produk penelitian yang lebih berkualitas, menjual dan menjawab permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada.

Prof. Dr. Dewi Liesnoor, M.Si selaku guru besar geografi UNNES yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut memberikan kesan positif dan mengungkapkan bahwa hasil workshop ini akan segera direalisasikan untuk meningkatkan aktivitas riset di laboratorium geografi, dan kedepannya diharapkan akan berkembang menjadi riset-riset terpadu yang sangat terbuka bagi bidang ilmu lainnya di luar geografi untuk ikut serta di dalamnya.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: