MOTIF AWAN, Istilah Baru Dalam Dunia Konservasi

Taman Nasional Bali Barat meupakan satu-satunya Taman Nasional yang ada di Provinsi Bali. Taman Nasional Bali Barat sebagai habitat tempat tinggal berbagai flora dan fauna dimana salah satu fauna endemik yang dilindungi berada disana yaitu burung Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi). Tim PKM PSH Geografi Universitas Negeri Semarang yang beranggotakan Sri Rani, Murtafiah, dan Neza Zakiyah dengan dosen pembimbing Andi Irwan Benardi S.Pd., M.Pd mencetuskan ide baru mengenai kegiatan konservasi Taman Nasional yang melibatkan wisatawan. Ide tersebut muncul dari kegiatan konservasi yang melibatkan masyarakat yang dilakukan oleh Taman Nasional Bali Barat. Hal tersebut menarik perhatian tim peneliti UNNES untuk melakukan penelitian sejauh mana keefektifitasan pelibatan masyarakat dalam upaya konservasi. Apakah berdampak baik dalam kegiatan konservasi atau tidak ada pengaruhnya sama sekali. Hal tersebut disambut baik oleh pengelola Taman Nasional Bali Barat, Afrizal Mafna Rais (26) sebagai staff bagian konservasi, karena memang belum ada penelitian yang sama sebelumnya. “Bagus juga sih penelitiannya, kami juga perlu tahu sebenarnya pelibatan masyarakat dalam kegiatan konservasi sudah efektif atau belum. Selama ini belum ada penelitian tentang itu”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan masyarakat dalam kegiatan konservasi memberikan dampak positif. Selain masyarakat, pihak Taman Nasional Bali Barat juga berupaya melibatkan wisatawan. dalam pelaksanaannya masyarakat dan wisatawan diajak dalam kegiatan pratroli, monitoring jalak bali, dan clean up, tetapi tidak semua masyarakat maupun wisatawan dapat di libatkan dalam kegiatan tersebut. MOTIF AWAN (Model Partisipatif Wisatawan) dapat di terapkan di Taman Nasional Bali Barat khususnya pada hutan evergreen. Selama ini informasi tentang keikutsertaan dalam kegiatan konservasi masih minim. Hal tersebut dikarenakan kuota yang terbatas dan bebrapa kegiatan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang seperti kegiatan monitoring curik bali.

Upaya yang dilakukan untuk mendukung pariwisata yang ada di Taman Nasional Bali Barat yaitu dengan ikut mempromosikan wisata serta kegiatan konservasi melalui akun media social. “kami sudah membuat beberapa akun untuk mendukung program MOTIF AWAN, semua hal tentang Taman Nasional Bali Barat kami informasikan melalui instagram, facebook, youtube, blog dan twitter. Selain tu, kami juga memiliki akun email dan nomor yang bisa dihubungi. Mohon bantuan like dan subscribe dari temen-temen ya” ucap Sri Rani, ketua tim saat ditemui di Universitas Negeri Semarang.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: