Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengikuti kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Geografi Indonesia XXI (PIT IGI XXI)

Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengikuti kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Geografi Indonesia XXI (PIT IGI XXI) serta The 1st International Conference of Geography (IC-GEO) yang berlangsung pada 7 hingga 9 September 2019 di Auditorium UNP. Perwakilan dari Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah Prof.Dr Dewi Liesnoor M.Si, Dr Tjaturahono Budi M.Si, Dr Juhadi M.Si, Dr Puji Hardati M.Si, Dr. Erni Suharini M.Si, dan Andi Irwan Benardi S,Pd, M.Pd.

Konferensi internasional pertama yang diadakan oleh Geografi UNP ini dihadiri sebanyak 492 orang, dengan rincian 31 orang pimpinan Perguruan Tinggi bidang Ilmu Geografi dan Pendidikan Geografi se-Indonesia, 107 orang Presenter IC-GEO, partisipan mahasiswa S2 dan guru sebanyak 20 orang, dan partisipan mahasiswa S1 jurusan geografi sebanyak 334 orang.

Ketua Jurusan Geografi FIS UNP, Dra. Yurni Suasti, M.Si., menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk menyiapkan jurusan geografi untuk mengikuti sertifikasi AUN-QA dan akreditasi ASEAN. Di bidang geografi juga akan dipilih artikel yang nantinya akan diterbitkan pada journal biomedical terindeks scopus 3dan untuk artikel lainnya akan diterbitkan di Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education yang terakreditasi kemenristekdikti dan SINTA.

Selain itu, lanjut Yurni, juga ada pengajuan untuk menjadikan geografi sebagai fakultas baru di UNP yang telah sampai pada tingkat senat universitas. “Semoga hal itu dapat terwujud,” ujarnya.

“Jurusan geografi memiliki dua program studi, yaitu Pendidikan Geografi yang berdiri sejak 1967 dan prodi Geografi yang berdiri sejak 2009. Kedua prodi ini telah telah terakreditasi A dan pada tahun 2017 telah dibuka prodi D3 Teknologi Penginderaan Jauh, serta Magister Pendidikan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 1542 orang,” sambung Yurni.

Senada dengan Yurni, Rektor UNP, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd., Ph.D., mengatakan bahwa Jurusan Geografi akan menjadi fakultas baru karena telah mengelola tiga program studi dengan dua prodi terakreditasi A.

Acara yang akan dilaksanakan pada Sabtu (7/9) dalam acara konferensi internasional ini ialah penyampaian materi dari Keynote Speaker, Dr. Agus Justianto selaku Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan tema “Reformasi Pengelolaan Lingkunagn dan Kehutanan untuk Mendukung Mitigasi Perubahan Iklim”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan materi dari Invited International Speakers, Dr. Masimo Lapascu (NUS), Prof. Dr. Rer. Nat Muh Aris Marfai, M.Sc. (UGM) serta Invited International Conference, Dr. Mohammad Zohir Bin Ahmad (USM), Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. (UM), Prof. Dr. Rizaldi Boer (IPB).

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: