Frequently Asking Question Website Jurusan Geografi

1. Program studi apa saja yang tersedia di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?

Jawab:
Program studi yang tersedia di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang adalah program studi sarjana (S1) Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi.

2. Gelar akademik apa yang akan didapatkan ketika menyelesaikan studi dari Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?

Jawab:

Gelar akademik yang didapatkan saat menyelesaikan studi dari Prodi Pendidikan Geografi adalah S.Pd dan lulusan Prodi Ilmu Geografi adalah S.Si.,

3. Bagaimana cara mendaftar menjadi mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Cara mendaftar untuk menjadi mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang dapat melalui (a) jalur prestasi dengan menyertakan berbagai prestasi kejuaraan baik tingkat Kota/Kabupaten. (b) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau seleksi secara nasional menggunakan nilai rapor. (c) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan melalui nilai tes yang didapatkan dari Ujian Test Berbasis Komputer (UTBK). (d) Ujian Mandiri (UM) dengan melalui ujian tes yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Negeri Semarang.

4. Apakah ada persyaratan khusus untuk menjadi Mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Tidak ada persyaratan akademik tertentu, untuk program sarjana selama mampu melalui ujian tes dan dinyatakan lolos baik dari program IPA / IPS / SMK dapat menjadi mahasiswa Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang. Dengan catatan untuk pendaftaran jalur SBMPTN, Jurusan Geografi di Universitas Negeri Semarang masuk dalam golongan studi Sosial Humaniora (Soshum).
Untuk persyaratan kesehatan, terdapat tes buta warna untuk calon mahasiswa baru, hal ini sangat berkaitan dengan dalam membantu analisis spasial dalam kegiatan perkuliahan.

5. Bagaimana kualitas pengajar di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Pengajar di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang memiliki spesifikasi minimal lulusan studi S2/Magister dari perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Dengan komposisi 2 orang professor, 7 orang doktoral dan 16 magister yang berkompeten dalam bidangnya masing – masing.

6. Bagaimana fasilitas yang tersedia di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Fasilitas ruang kelas yang tersedia di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang berjumlah 9 kelas dengan kapasitas 25 – 50 mahasiswa, dilengkapi kipas angin dan AC. Kegiatan belajar mengajar ditunjang dengan LCD disetiap ruangan. Selain itu, kami juga memiliki Laboratorium SIG, Laboratorium Bencana, Laboratorium Kadastral, Laboratorium Geologi, Laboratorium Kartografi dan Laboratorium Tanah yang dapat digunakan untuk mengasah dan menunjang kemampuan akademik mahasiswa.

7. Berapa jumlah SKS yang wajib ditempuh untuk menyelesaikan studi di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Jumlah SKS yang wajib ditempuh untuk menyelesaikan studi di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang berjumlah 144 SKS (Satuan Kredit Semester).

8. Bagaimana keterampilan yang didapatkan saat menjalani studi di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Keterampilan yang didapatkan selama menjalankan studi di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang adalah analisis spasial, pengolahan citra digital, analisis fenomena geosfer serta isu ekologis secara umum.

9. Bagaimana peluang kerja lulusan Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang?.

Jawab:
Peluang kerja lulusan Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang mulai dari tenaga pengajar ahli, konsultan ahli bagi beberapa kementerian dan perusahaan untuk bidang analisis spasia dan lembaga nirlaba.