Sarana dan Prasarana

Ruang Kelas

Ruang kelas menjadi salah satu penunjang utama dalam kegiatan pembelajaran di Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dilengkapi fasilitas proyektor, pendingin ruangan serta daya tampung hingga 50 mahasiswa setiap kelasnya membuat pembelajaran nyaman dan didukung oleh tenaga pengajar professional. Selain itu, terdapat ruang kelas khusus bagi mahasiswa kelas internasional dengan kapasitas 25 mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa yang berkualitas internasional.

Laboratorium Geografi

Laboratorium di Jurusan Geografi Unnes didirikan sebagai bentuk penerapan tridarma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.. Laboratorium Jurusan Geografi Unnes ditunjang oleh peralatan yang lengkap dan Laboran yang professional, laboratorium yang terdapat di Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang antara lain:

Lab Kartografi

Fungsi Utama dari Laboratorium Kartografi adalah sebagai sarana untuk melakukan praktik atau penerapan atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan pada bidang kartografi. Mahasiswa tingkat awal akan difokuskan pada kartografi manual, mulai dari pengenalan skala, legenda, unsur peta, dan cara membaca peta. Pada Laboratium Kartografi kita dapat melihat ruangan yang berisi meja gambar dan berisi peta-peta RBI serta alat-alat pendukung kartografi lainnya seperti pantograf dan buku-buku panduan kartografi.

Lab Penginderaan jauh

Laboratorium Penginderaan Jauh merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Geografi Unnes. Laboratorium ini didirikan dalam rangka memberikan layanan perkuliahan dan praktikum secara manual maupun digital menggunakan data penginderaan jauh baik berupa praktikum penginderaan jauh yang bersifat dasar maupun terapan. Peran Laboratorium Penginderaan jauh ini sangat vital mengingat keberadaannya untuk  menunjang Jurusan dalam memenuhi kompetensi mahasiswa maupun tenaga pengajar melalui pelatihan dan kerjasama baik dengan intansi pemerintah atau swasta.

Lab SIG dan Penginderaan Jauh Digital

Laboratorium SIG dan PJ Digital dilengkapi fasilitas pendukung kegiatan praktikum SIG dan PJ Digital seperti komputer-komputer dengan spesifikasi mumpuni untuk pengolahan data spasial. UNNES sendiri khususnya  menggunakan software seperti ArcGis, Envi dan Autocad sebagai media pembelajaran untuk mengelola data-data spasial. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengolahan dan analisis spasial secara digital yang sejalan dengan peningkatan tren penelitian dalam bidang penginderaan jauh.

Lab Geologi dan Geomor

Laboratorium Geologi dan Geomorfologi merupakan salah satu laboratorium yang berada di Jurusan Geografi Unnes. Laboratorium Geologi dan Geomorfologi mempunyai fungsi utama yaitu sebagai sarana untuk melakukan praktik atas teori, penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Geologi dan Geomorfologi. Kegiatan yang dapat dilakukan di lingkup Laboratorium Geologi dan Geomorfologi meliputi kegiatan praktikum, penggunaan laboratorium untuk kegiatan penelitian dan kerja sama penelitian baik untuk dosen maupun untuk mahasiswa.

Laboratorium Tanah

Laboratorium Tanah merupakan salah satu laboratorium di bawah Jurusan Geografi, Laboratorium Tanah digunakan untuk praktikum mata kuliah Ilmu Tanah, Tata Guna Lahan, penelitian dosen dan mahasiswa dan pelayanan analisis. Laboratorium Tanah dilengkapi dengan berbagai standar peralatan baik peralatan analisis tanah, pengujian fisik, pengujian kimia, dan lain sebagainya. Seluruh kegiatan di Laboratorium Tanah dimaksudkan untuk peningkatan kompetensi mahasiswa serta kegiatan penelitian sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Laboratorium Kebencanaan

Laboratorium kebencanaan dibentuk sebagai sarana pembelajaran kebencanaan baik itu dalam bentuk proses, dampak, analisis, dan mitigasinya. Laboratorium ini difalisitasi oleh instrumen pendeteksi bencana, peta rawan bencana, dan instalasi permodelan mitigasi bencana. Keberadaan laboratorium kebencanaan ini penting karena letak indonesia yang berada diantara ‘ring of fire’ yang memiliki resiko bencana tinggi baik bencana geologi maupun hidrometeorologis.

Laboratorium Micro Teaching

Laboratorium micro teaching merupakan sarana bagi mahasiswa Pendidikian Geografi untuk melakukan praktik mengajar, guna mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang berkompeten dalam bidang pendidikan. Ruangan ini terfalisitasi oleh sound system, dinding kedap suara, dan ruang standar kegiatan mengajar. Fungsi dari laboratorim micro teaching adalah membuat suasana kegiatan praktikum bagi calon guru sesuai dengan dunia kerja dalam bidang pendidikan.