Pendidikan Geografi (S2)

Akreditasi

 B (Cukup) berdasar SK BAN PT No. 2148/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/201

Gelar Lulusan

Magister Pendidikan (M. Pd.)

Deskripsi

Program Studi Magister Pendidikan Geografi merupakan program studi di Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Semarang. Program Studi ini sudah mulai berdiri pada tahun 2016 berdasarkan SK 47/KPT/I/2015, Tanggal 20 Januari 2016. Untuk saat ini, Program Studi Magister Pendidikan Geografi telah terakreditasi B

Jumlah Dosen yang Aktif Mengajar pada Program Magister Pendidikan Geografi Berjumlah 12 yang terdiri dari Dosen Tetap (12) Dengan Kualifikasi Guru Besar (Prof.) Doktor (Dr.).

Prodi Magister Pendidikan Geografi memiliki karakteristik sebagai ilmu geografi untuk pendidikan (applied geographic sciences for education). Aspek kajian dari Magister Pendidikan Geografi UNNES adalah persoalan-persoalan geografi/lingkungan yang ada dalam masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya yang akan dipecahkan dengan menciptakan konsep, model, dan teori yang relevan. Model pendidikan geografi dapat didesiminasikan melalui pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah, dalam keluarga maupun masyarakat. Dengan kata lain “state of the art” dari S2 pendidikan geografi adalah studi geografi melalui pendekatan pendidikan.

Mengapa memilih Magister Pendidikan Geografi?

Keunggulan Prodi Magister Pendidikan Geografi ini memiliki kualifikasi Dosen yang baik, dimana terdapat 6 Profesor dan 6 Doktor. Selain itu unggul dalam membangun pengembangan pendidikan geografi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional dalam membangun pengembangan pendidikan

Profil Lulusan

Peluang kerja lulusan di bidang studi ini tersebar dalam berbagai instansi pemerintah maupun swasta, seperti :
1. Pendidik Profesional,
2. Pengembangan kurikulum di Pendidikan formal, non formal dan in formal,
3. Peneliti kurikulum dan pembelajaran,
4. Dll

Kata Alumni

Mohammad Syfauddin, S.Pd, M.Pd
Saya lulus tahun 2023 diterima bekerja sebagai guru di tahun 2023 di PKBM Home Schooling Putragama (HSPG) Semarang. Meskipun sebelum lulus sudah mengabdi sebagai tenaga kontrak  di lembaga tersebut. Saya sangat merasakan manfaat kuliah di program studi Magister Pendidikan Geografi karena kurikulumnya sangat aplikatif sekali dengan lapangan kerja. Selama saya mengikuti program Magister Pendidikan Geografi, saya merasa semakin berkembang dalam pemahaman konsep-konsep geografi dan metode pengajaran yang efektif. Kombinasi antara teori dan praktek yang diajarkan dalam program tersebut benar-benar memberi saya alat yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan saya sebagai guru di HSPG. Selain itu, melanjutkan pengabadian saya di HSPG setelah lulus adalah sebuah kesempatan luar biasa, karena saya dapat terus berkontribusi pada perkembangan kurikulum dan pembelajaran di sekolah ini.

Terima kasih kepada dosen-dosen yang hebat dan rekan-rekan sejawat yang mendukung selama studi, saya merasa siap untuk memberikan yang terbaik dalam mendidik generasi muda kami tentang geografi dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang cerah. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh selama kuliah, saya merasa optimis bahwa saya dapat menjadi guru yang lebih baik dan memberikan dampak positif pada para siswa di HSPG. Saya berterima kasih atas kesempatan ini dan semangat belajar yang program Magister Pendidikan Geografi UNNES telah berikan

David Rizaldy, M.Pd
Saya Lulus tahun 2022 dan bekerja di SMA Walisongo, Karangmalang. Saya merasa sangat beruntung dan bangga telah menjalani program Magister Pendidikan Geografi di UNNES. Program ini memberikan pengalaman belajar yang luar biasa dan memberikan wawasan mendalam tentang dunia geografi serta metode pengajaran yang efektif. Dalam program ini, saya diberdayakan oleh dosen-dosen berpengalaman yang sangat berkompeten dalam bidangnya. Mereka tidak hanya memberikan pemahaman yang kuat tentang teori geografi, tetapi juga mengintegrasikannya dengan aplikasi di dunia nyata. Saya merasa terdorong untuk terus berinovasi dalam metode pengajaran dan memberikan pengalaman belajar yang memadai bagi siswa. Selain itu, kurikulum yang disusun dengan baik telah mempersiapkan saya dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan sebagai seorang guru geografi. Saya juga berkesempatan untuk terlibat dalam penelitian yang bermanfaat dan berpartisipasi dalam proyek-proyek yang mendukung pengembangan pendidikan geografi. Program Magister Pendidikan Geografi di UNNES bukan hanya tentang memperoleh gelar, tetapi juga tentang mengembangkan diri sebagai pendidik yang berdedikasi dan efektif. Saya merasa telah tumbuh dan berkembang secara profesional dan pribadi selama menjalani program ini. Saya sangat merekomendasikan program ini kepada siapa pun yang ingin mendalami geografi dan menjadi guru yang berpengaruh dalam dunia pendidikan.