Program Studi S1 Geografi Raih Akreditasi dengan Predikat “Unggul” dari LAMSAMA

Semarang 04 Mei 2023, Kabar baik sekaligus menggembirakan bagi keluarga Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang khususnya mahasiswa dan para alumni Program Studi Geografi S1. Kegembiraan itu pantas dirasakan setelah prodi tersebut dinyatakan mendapat akreditasi dengan predikat UNGGUL dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA).


LAMSAMA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal. Kriteria akreditasi LAMSAMA berstandar internasional. LAMSAMA merupakan Lembaga independent yang secara periodic melakukan akreditasi terhadap program studi pada perguruan tinggi dengan kriteria tertentu untuk dinyatakan dengan predikat tertentu. Dalam melaksanakan akreditasinya, LAMSAMA menerjunkan para asesor untuk melakukan penilaian terhadap borang atau data tertulis dan melakukan assessment lapangan atau visitasi untuk memastikan data yang ditulis oleh prodi betul-betul mencerminkan kondisi yang sebenanrnya. Langkah tersebut dilakukan karena pihak LAMSAMA harus memastikan bahwa Lulusan program studi yang diakreditasi LAMSAMA memiliki 2 skill utama yang telah dinilai secara ketat, yaitu penguasaan bidang ilmu (subject specific skill) dan profesionalisme (transferable skill).
Program Studi Geografi FIS UNNES, berdasarkan penilaian dari PIHAK LAMSAMA secara meyakinkan dan obyektif telah memenuhi dua kriteria tersebut, sehingga dinyatakan berhak mendapat prdikat unggu. Hal tersebut berdasarkan keputusan Lembaga tersebut nomor 025/SK/LAMSAMA/Akred/S/2023 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Geografi Pada Program Sarjana Universitas Negeri Semarang. Di Kota Semarang yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutifnya, Prof. Dr. Ing Drs. Ir. Mitra Jamal, IPU, ASEAN Eng pada tanggal 4 Mei 2023. Artinya, sejak tanggal tersebut Prodi Geografi secara legal mempunyai hal menginformasikan sekaligus memanfaatkan status peringkat tersebut untuk beragam aktivitas akademiknya, termasuk pagi para alumninya,
Geografi adalah Ilmu yang mempelajari [ersamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan, dalam konteks keruangan. Definisi tersebut menjadi inspirasi bagi seluruh warga di lingkungan Jurusan Geografi untuk melaksanakan Pendidikan secara optimal. Proses penyelenggaraan Pendidikan di lingkungan Prodi Geografi FIS UNNES selama ini dilaksanakan dengan standar tinggi, dan iklim akademik juga dibangun dengan semangat yang didasarkan pada tanggungjawab akademik yang didasarkan pada nilai-nilai moral Pendidikan dan keilmuan.


Sebelumnya Prodi Geografi FIS UNNES juga sudah mendapat akreditasi internasional dari AQAS, yaitu lembaga independen untuk penjaminan kualitas suatu program studi. AQAS sendiri berbasis di Jerman. Melalui dua akreditasi tersebut, tidak ada keraguan bagi calon mahasiswa untuk menimbang ilmu pengetahuan dan teknologi pada prodi tersebut.

Berikut tautan Dokumen SK Akreditasi Lamsama Prodi S1 Geografi

Berikut tautan Akreditasi Internasional AQAS

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these