HIMPUNAN MAHASISWA GEOGRAFI UNNES BERSAMA DENGAN DEPARTEMEN GEOGRAFI UNNES MENYELENGGARAKAN GEOGRAPHY CHAMPIONSHIP XI 2023

Semarang, 15 Oktober 2023 – Perhelatan akbar Geography Championship XI sukses digelar oleh Himpunan Mahasiswa Geografi UNNES dan Departemen Geografi UNNES pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2023, memukau peserta dan penonton dengan beragam kegiatan edukatif dan seru. Acara multi-event ini, yang diselenggarakan di Departemen Geografi Universitas Negeri Semarang, menjadi ajang kompetisi yang dinantikan oleh para pelajar SMA/MA dan Mahasiswa S1/D4/D4 dari berbagai penjuru Indonesia terutama di daerah Sumatera dan Jawa

Puncak acara ini melibatkan ratusan peserta yang bersaing dalam beberapa kegiatan utama, seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTIN), Olimpiade Sains Geografi SMA/MA, Lomba Poster SMA/MA, Seminar, dan Expo. Para peserta, yang telah melalui seleksi ketat, memperlihatkan pengetahuan dan keterampilan terbaik mereka dalam dunia geografi.

Olimpiade Sains Geografi SMA/MA

Acara ini menjadi rangkaian acara yang paling disorot diantara acara lainnya dan diikuti oleh siswa/I di Indonesia Peserta Olimpiade Sains Geografi dari berbagai sekolah menengah atas bersaing dalam serangkaian ujian dan uji keterampilan geografi dengan soal-soal yang telah berstandar dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi setara dengan olimpiade tingkat nasional dan Internasional. Kompetisi ini tidak hanya menguji pengetahuan dasar geografi, tetapi juga keterampilan analisis spasial dan pemecahan masalah. Hasil dari serangkaian acara olimpiade sains geografi adalah sebagai berikut:

  1. Rafif Adinata Ramadhan dari MAN Insan Cendekia Kota Batam sebagai MEDALIS EMAS
  2. Nadil Ulum Annafis dari MAN Insan Cendekia Kota Batam sebagai MEDALIS EMAS
  3. Ai Kaga Naufal Abiyyu Najah dari SMA Semesta sebagai MEDALIS EMAS
  4. Ayodhya Najwa Gemintang dari SMAN 3 Semarang sebagai MEDALIS PERAK
  5. Amrique Marwatul Wafiroh dari SMAN 1 Genteng sebagai MEDALIS PERAK
  6. Umar Farras Ranadityo dari SMA Negeri 2 Kota Depok sebagai MEDALIS PERAK
  7. Hardika Ahmad Tegar Prakoso dari SMAN 1 GENTENG sebagai MEDALIS PERUNGGU
  8. Rafidian Sidiq dari SMAS Islam Dian Didaktika sebagai MEDALIS PERUNGGU
  9. Ainun zulfa dari Man demak sebagai MEDALIS PERUNGGU
  10. Leviano Extrordy Wijaya dari SMA Sedes Sapientiae sebagai MEDALIS PERUNGGU
  11. Subhan Fahriza dari MAN 1 Magelang sebagai HONORABLE MENTION 1
  12. Muhammad Naufal Arrasyid dari SMA Insan Cendekia Sukoharjo  sebagai HONORABLE MENTION 1
  13. KHAILA AURA SABNA dari MAN 1 JEPARA sebagai HONORABLE MENTION 2
  14. Muhammad Ayyas Sukindi dari MAN Insan Cendekia Pekalongan sebagai HONORABLE MENTION 3
  15. Jovito Ari Eklesio dari SMA Sedes Sapientiae Semarang sebagai HONORABLE MENTION 4
  16. AURA NAZARIA INGGIL AFIDA dari SMA NEGERI 1 WELAHAN sebagai HONORABLE MENTION 5
  17. Putri Nurmala Aulia Salsabilla dari MAN Demak sebagai HONORABLE MENTION 5
  18. ADELIA PUSPA dari SMA Negeri 03 Semarang sebagai HONORABLE MENTION 5

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN)

LKTIN menjadi rangkaian acara yang diikuti oleh mahasiswa di Indonesia, karya tulis ilmiah dari peserta yang mencerminkan kreativitas dan ketajaman analisis mereka terhadap berbagai isu geografi kontemporer. Para juri yang terdiri dari para akademisi yang terpilih sesuai dengan kompetensinya memberikan apresiasi tinggi terhadap kemampuan peserta dalam merangkai argumentasi ilmiah yang kokoh. Acara LKTIN ini berakhir dengan hasil sebagai berikut:

  1. Juara I: Dari Universitas Negeri Semarang, atas nama Fajar Wahyu Fuedsi dengan rekan tim Astria Rachmadani.
  2. Juara II: Dari Universitas Negeri Semarang, atas nama Evin Yulianto dengan rekan tim Putri Dinda Mulanna
  3. Juara III: DARI Universitas Negeri Padang, atas nama Rahmad Wanizal Pasha dengan rekan satu tim Taufiqah Rahma dan Syabila Tania.

Lomba Poster SMA/MA

Dalam Lomba Poster, para peserta menunjukkan kepiawaian mereka dalam menyampaikan informasi geografi melalui media visual. Poster-poster tersebut media dalam menyampaikan pesan untuk meningkatkan peran kita sebagai generasi muda dalam menjaga lingkungan sekaligus menyajikan pemahaman mendalam tentang topik-topik geografi yang diangkat. Dengan hasil sebagai berikut

  • Juara Umum
  • Muhammad Faliqul Isbah dari SMAN 1 MIJEN sebagai Juara 1
  • Arum Wijayanti dari SMAN 1 GENTENG sebagai Juara 2
  • Handika Khoirur Rijal dari SMAN 1 MIJEN sebagai Juara 3 (kapital)
  • Juara Favorit
  • Lintang Elina Putri dari SMAN 1 KRADENAN sebagai Juara 1
  • Rizki Ramanda Putra dari SMA INSTITUT INDONESIA sebagai Juara 2
  • Muhammad Idrus Firdaus dari MAN 1 KOTA SUKABUMI sebagai Juara 3

Seminar

Seminar Inovasi Generasi Muda dalam Penyelesaian Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia melalui Pendekatan Sistem Informasi Geografis untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Sejumlah pembicara ahli geografi, praktisi, dan pemangku kebijakan memberikan wawasan dan perspektif baru dalam Seminar Inovasi Generasi Muda. Diskusi tentang tantangan dan peluang dalam studi geografi serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari menginspirasi peserta dan hadirin.

Narasumber pertama, Prof. Dr. Muhammad Dimyati, M. Sc., Ketua Ikatan Geografi Indonesia, memberikan pandangan mendalam mengenai peran generasi muda dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. Beliau menyoroti pentingnya penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) sebagai alat inovatif dalam merancang solusi berkelanjutan.

Narasumber kedua, Dr. R.Ngt. Lina Wahyuni, S.Si., M.Sc., Ketua Perhimpunan Ahli Geospasial Indonesia, menyampaikan pengalaman dan pengetahuannya tentang bagaimana generasi muda dapat mengoptimalkan peran mereka dalam menjawab tantangan lingkungan. Beliau menekankan pentingnya penguasaan teknologi SIG dalam menghadapi perubahan iklim dan mengidentifikasi potensi risiko lingkungan.

Seminar ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang konsep geografi, tetapi juga menggali ide-ide kreatif dan solusi inovatif dari generasi muda untuk menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan. Dengan mengusung tema inovasi melalui SIG, diharapkan peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam upaya nyata menuju pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Expo

Expo yang diselenggarakan sepanjang acara memberikan platform bagi berbagai institusi, perusahaan, dan organisasi yang terkait dengan dunia geografi untuk memamerkan inovasi, penelitian, dan produk terbaru mereka. Peserta dapat menjelajahi berbagai stan dan mendapatkan informasi langsung dari para ahli di bidangnya.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga tempat berkumpulnya para pecinta geografi yang berbagi pengetahuan, pengalaman, dan semangat untuk menjelajahi keberagaman dunia ini. Geography Championship XI berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan intelektual dan memotivasi generasi muda untuk lebih mendalami studi geografi.

Dengan semangat kompetisi yang tinggi, semoga Geography Championship XI memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu geografi dan mendorong para peserta untuk terus menggali pengetahuan mereka dalam eksplorasi dunia geografi yang luas.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these